https://new.c.mi.com/ph/post/87569
https://new.c.mi.com/ph/post/87589

Cetak Kaos Teknik Sablon Digital dan Sablon Manual

Cetak Kaos Teknik Sablon Digital dan Sablon Manual

Cetak kaos dengan sablon ternyata memiliki beberapa teknik, diantaranya teknik sablon secara digital dan sablon secara manual. Bila kedua hasil teknik sablon tersebut disimak, mungkin sekilas hasilnya nampak sama, namun secara pokok tentu ada beberapa perbedaan dari beberapa aspek.

Menentukan teknik sablon untuk mencetak kaos tentu saja harus dilakukan secara tepat, terutama bagi konsumen yang menginginkan kaos dengan desain miliknya sendiri. Walaupun kebanyakan konsumen yang tidak terlalu memperhatikan masalah teknis seperti ini..

Dua Teknik Sablon Untuk Cetak Kaos

Bila berbicara mengenai teknik-teknik dalam menyablon, terdapat dua teknik atau metode dasar yang secara umum dipakai dalam pencetakan kaos melalui cara sablon. Kedua teknik atau metode yang dimaksud adalah teknik sablon digital dan teknik sablon manual dan janga lupa untuk berkunjung pada situs kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya dengan cara visit us

1. Apa Itu Sablon Digital

Mencetak kaos dengan digital sablon dapat diartikan sebagai sebuah proses pencetakan kaos melalui penyablonan yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu utama media komputer dan printer.

Sedangkan orang yang mengerjakannya kurang lebih bertindak selayaknya operator yang menjalankan dan mengontrol kedua alat bantu tersebut.

2. Mekanisme Sablon Digital

a. Tipe Pertama

Untuk digital sablon tipe pertama, desain akan dicetak terlebih dahulu dengan menggunakan komputer pada kertas yang telah dibalik (terpantul)

Kemudian proses pencetakan pada kaos atau kain yang sebelumnya telah dilapisi kertas transfer dimulai

Selanjutnya dilakukan penekanan dengan menggunakan mesin pemanas sehingga desain tersebut akan bergerak dan tercetak sesuai desain normalnya pada bahan kaos atau kain

b. Tipe Kedua

Untuk digital sablon tipe kedua dengan menggunakan DTG printer, sebelum proses pencetakan dimulai kain atau kaos akan diletakkan pada printer

Kemudian kain atau kaos tersebut akan langsung dicetak tanpa adanya perantara

Mesin pemana menekan kain atau kaos tersebut sehingga desain atau sablon benar-benar menempel secara kuat pada kain atau kaos

Apa Itu Sablon ManualMencetak kaos dengan sablon manual merupakan sebuah teknik atau metode penyablonan menggunakan sebuah alat berupa screen (layar), dimana layar tersebut tersedia dengan berbagai bentuk, ukuran, dan ketebalan, serta dilengkapi dengan jaring yang tebal dan ada juga yang tipis.

Screen atau layar adalah alat berbentuk persegi dengan bingkai yang biasa terbuat dari alumunium atau kayu. Di bagian tengahnya terdapat semacam jaring sutra yang memiliki pori-pori dengan kepadatan yang berbeda-beda.

Untuk pencetakan kaos dengan sablon manual, umumnya screen yang digunakan adalah jenis screen 48T dan 90T. Screen dengan ukuran ini memiliki jaringan lubang pori yang cukup besar.

Mekanisme Manual Sablon

Berdasarkan namanya, diketahui bahwa setiap langkah atau proses pengerjaannya dilakukan dengan cara manual, mulai dari membuat serta menentukan area kaos yang ingin didesain hingga proses penyablonan. Berikut langkah-langkah pengerjaannya:

Leave a Comment

English