https://new.c.mi.com/ph/post/87569
https://new.c.mi.com/ph/post/87589

Peran Media Sosial dan Platform Kolaboratif dalam Komunikasi

Di era digital ini, media sosial dan platform kolaboratif telah mengubah cara kita berkomunikasi. Mereka menyediakan saluran interaksi yang lebih cepat dan mudah dengan orang lain dari berbagai belahan dunia.

Facebook, Twitter, Instagram, , dan platform lainnya sarkari ujala jobs memungkinkan kita untuk berbagi pemikiran, foto, video, dan berita dalam hitungan detik. 

Selain itu, platform kolaboratif seperti Slack, Microsoft Teams, dan Google Workspace memungkinkan tim kerja untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara efisien.

Meskipun media sosial dan platform kolaboratif menawarkan berbagai manfaat, mereka juga memiliki potensi dampak negatif pada keterampilan komunikasi kita.

Batasan karakter pada platform seperti Twitter dapat mendorong komunikasi yang dangkal, dan tekanan untuk merespons dengan cepat dapat menghambat kemampuan kita untuk merenung sebelum berkomentar.

Selain itu, risiko salah tafsir dan perdebatan sering kali lebih tinggi di platform media sosial, karena nuansa verbal dan nonverbal seringkali hilang dalam tulisan.

Rekomendasi Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Menjadi Pengangguran

Ketika menjadi pengangguran memang kadang kita bingung mau melakukan apa, karena pasti yang bisa dilakukan hanya mencari lowongan pekerjaan hingga mendapatkan pekerjaan tetap.

Tapi, sebenarnya kamu bisa melakukan kegiatan yang produktif lho selama menganggur daripada kamu cuman scroll lowongan kerja saja yang ujungnya bikin kamu stress. Di artikel ini, saya akan bahas ide-ide kegiatan produktif yang dapat kamu lakukan ketika sedang menganggur, membantumu membangun keterampilan, meningkatkan diri, dan bahkan membuka pintu kesempatan baru.

 Meningkatkan Skill dengan Mengikuti Kelas Online

Sekarang banyak sekali kelas online yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah skill mulai dari yang gratis hingga berbayar. Kamu bisa pilih kelas online yang sesuai dengan tujuan karirmu.

Kegiatan ini berguna untuk menambah skill dan juga menunjang karir yang akan kamu pilih. Jadi, ketika hendak melamar sebuah pekerjaan kamu sudah mempunyai bekal dan siap untuk menghadapi interview dengan perusahaan yang kamu lamar.

Bikin Konten di Social Media

Setelah kamu ikutan kelas online, ilmu yang didapat bisa kamu buat menjadi konten di social media untuk membangun personal brandingmu. Social media yang bisa kamu pakai seperti LinkedIn, Instagram, TikTok, atau malah bisa menjadi sebuah artikel di blog.

Dengan membuat konten di social media, kamu bakal dengan mudah untuk dilihat banyak orang dan bisa juga meningkatkan kemungkinan dilirik oleh perekrut atau malah dilirik orang untuk ditawari sebuah pekerjaan. Jadi, buat konten yang powerful agar orang melihat bahwa kamu kredibel di bidang tersebut.

 Jadi Freelancer

Selama menjadi pengangguran daripada kamu hanya mengandalkan atau menunggu panggilan pekerjaan purnawaktu atau full-time, kamu juga bisa coba menjadi freelancer. Kegiatan ini sangat berguna untuk menambah pengalaman, portofolio, sekaligus bisa menambah penghasilan.

Sekarang sudah banyak website freelancer yang bisa kamu coba dan bahkan banyak orang di social media yang menawarkan pekerjaan lepas ini. Jadi selama kamu menganggur, kamu bisa mencoba banyak project. Dan setelah mendapatkan pekerjaan tetap, kamu bisa menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

Membuka Bisnis Kecil-Kecilan

Jika kamu punya ide bisnis yang selama ini terpendam, mungkin ini saatnya untuk mewujudkannya. Memulai bisnis kecil dapat membuka pintu peluang baru dan memberikan pengalaman berharga. Gunakan keahlian yang kamu miliki dan temukan niche pasar yang sesuai. Untung-untung kalau bisnis kecil yang kamu buat bisa jadi bisnis dengan skala besar, kamu tidak perlu pusing lagi mencari pekerjaan malah membuka kesempatan lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang.

Buat yang masih takut untuk memulai bisnis sendiri, kamu bisa gabung menjadi affiliator dengan memasarkan produk orang lain. Selain bisa mengisi waktu luangmu selama menganggur, kamu bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dari sini. Sekaligus kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari komisi yang didapat.

Kamu juga bisa pelajari produk yang kamu jual lalu akhirnya kamu berinovasi untuk menciptakan produk sendiri. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut untuk membuka bisnis sendiri karena sudah tahu strateginya selama menjadi affiliator.

Walaupun menjadi pengangguran merupakan fase yang menantang, tapi coba jadikan fase ini sebagai kesempatan untuk menjadi lebih baik. Dengan memanfaatkan waktumu dengan kegiatan produktif, kamu tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, tetapi juga menciptakan fondasi yang lebih kuat untuk masa depan kariermu.

Leave a Comment

English